Leonn-Mars

Dapatkan Informasi Menarik Dan Artikel Edukasi Bagi Anda Disini

Kamis, 24 September 2009

Mengoptimalkan ponsel OS Symbian

Ponsel yang mempunyai operasi sistem terbuka punya keunggulan dalam menginstal banyak aplikasi ketimbang ponsel berbasis java, dengan ponsel OS Symbian misalnya banyak aplikasi yang dimasukkan ke dalam sistem software ponsel untuk meningkatkan kinerja dan memberikan banyak kemudahan lewat aplikasi ponsel yang bermacam-macam.

Salah satu cara, meningkatkan kinerja ponsel Symbian bisa dilakukan dengan mengisikan aplikasi yang tepat dan berguna bagi mobilitas kita. Sangat disayangkan, jika ponsel kita cuma bisa buat telepon dan sms saja. Sebab ponsel-ponsel canggih yang telah mengadopsi Symbian OS otomatis akan mendukung berbagai macam aplikasi interface (APIs). Termasuk di dalamnya adalah multitasking kernek, middle-ware for communication, data manajemen dan grafis, GUI framework fase awal, dan berbagai aplikasi lain.

Ponsel yang sudah mengaplikasikan Symbian OS memiliki kemampuan yang lebih dibanding dengan generasi sebelumnya, hal ini dikarenakan system operasi ini dibekali dengan kemampuan:

- Dirancang sebagai gabungan kemampuan komputer dengan ponsel.

- Bersifat open aplication environment yang memungkinkam ponsel menjadi sebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasa dan konten)

- Open Standard dan interoperability, modul-modulnya mudah diimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasi teknologi dan pemprograman interfaces (APIs).

- Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.

- Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan dengan inovasi yang diinginkan.

- Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan tenaga dari perangkat komunikasi yang ada saat ini ada.

Banyak ponsel yang mengadopsi Symbian OS dan mengaplikasikannya pada produk mereka, antara lain Ericsson R380, Nokia 9210 communicator series, dan lain-lain yang ada dalam jajaran Seri N dan E.

Bagi ponsel ber OS Symbian yang ingin mengoptimalkan kemampuan musik seperti track ID, untuk fitur track ID pada handset symbian dapat ditambahkan sebuah aplikasi pendukung yang memiliki fungsi sebagai track ID di handset symbian.

Adalah aplikasi SHAZAM ID, aplikasi yang memiliki fungsi sebagai Track ID di handset symbian s60v3. Seperti halnya sebuah fitur menu Track ID pada ponsel musik, pada aplikasi ini tersedia menu TAG NOW, MY MUSIC, TAG CHART dan menu SEARCH untuk mencari sebuah komposisi lagu via internet. Aplikasi ini sebenarnya di sediakan secara gratis, namun hanya khusus untuk handset symbian s60v3 hasi produksi samsung saja, namun untuk handset symbian s60v3 dari vendor lain juga dapat menggunakan aplikasi ini. Untuk dapat mengunjung situsnya di www.shazam.com.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda